1 Tahun Menikah, Ingin Hamil? Jangan Stres, Periksa Saja Dulu! - Buletinsehat.com
Tips Sehat

1 Tahun Menikah, Ingin Hamil? Jangan Stres, Periksa Saja Dulu!

Ingin Cepat Punya Ana? Yuk Periksa ini dulu...

Buletinsehat.com – Apakah Anda sudah 1 tahun menikah, ingin hamil tetapi belum dikasih juga? Jangan terburu-buru stres, apalagi menuduh pasangan Anda mandul sehingga memancing keributan dalam rumah tangga. Toh, baru 1 tahun. Santai saja dulu dan nikmati kebersamaan berdua dengan pasangan. Pada waktu yang tepat, tuhan pasti akan menganugerahkan seorang anak bagi Anda.

Sayangnya, mayoritas pasangan suami istri telanjur stres saat mengetahui istrinya belum hamil juga padahal usia perkawinan sudah 1 tahun. Coba Anda tengok, masih banyak pasangan yang menikah lebih dari 1 tahun tetapi istrinya belum hamil. Lebih baik, Anda dan pasangan melakukan koreksi diri apa yang menyebabkan istri belum hamil.

1 Tahun Menikah, Ingin Hamil? Jangan Stres, Periksa Saja Dulu!

Jika 1 tahun menikah, ingin hamil dan belum terjadi juga, menunggu adalah jawaban paling sederhana. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan dalam masa menunggu. Yaitu, melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan serta kesuburan Anda dan pasangan untuk mengetahui penyebab terlambatnya kehamilan.

1 Tahun Menikah, Ingin Hamil? Periksa Kesuburan!

Inilah alasan mengapa pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan itu sangat penting agar pasangan yang siap menikah benar-benar siap punya anak juga. Sebelum menikah, sebaiknya wanita mulai memeriksa kesuburan serta kesehatan rahimnya agar benar-benar siap hamil. pemeriksaan rahim menjadi sangat penting karena di situlah janin akan tumbuh.

Baca Juga : Mengapa Ibu Hamil Harus Sering Mengajak Komunikasi Janin?

Jika 1 tahun menikah, ingin hamil, itu sangat wajar. Namun, sebaiknya periksalah kesuburan Anda dan pasangan. Ingat, masalah kesuburan bukan hanya dialami pria karena wanita juga bisa mengalami masalah yang sama. Oleh sebab itu, lakukanlah pemeriksaan kesuburan pada suami dan istri.

Berikut ini merupakan beberapa rangkaian pemeriksaan kesuburan untuk calon ibu.

  • Memeriksa masa subur atau ovulasi.
  • Untuk mengetahui kinerja hormon, biasanya dilakukan pemeriksaan ovarium.
  • Mengevaluasi tingkat progesteron serta kemungkinan untuk diperiksa endometrium.
  • Memeriksa hormon.

Berikut ini pemeriksaan kesuburan yang dilakukan pada calon ayah.

  • Menganalisis semen. Caranya, sperma ditampung lalu diperiksa bentuk, jumlah, penampilan, serta kecepatan geraknya.
  • Memeriksa darah testosterone.
  • Melakukan USG untuk mengetahui ukuran testis, apakah ada tumor atau varises kantung zakar.

Itulah beberapa rangkaian pemeriksaan kesuburan yang dilakukan terhadap calon ibu dan calon ayah. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan semua baik-baik saja, berarti Tuhan memang belum menghendaki istri Anda hamil. Jadi, bersabar saja. Sebaliknya, jika hasil pemeriksaan ada yang kurang baik, tentu dokter akan melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan.

Baca Juga : Kenali 7 Manfaat Buah Zaitun ketika dimakan secara Langsung

Jadi, jangan terburu-buru mengalami stres jika 1 tahun menikah, ingin hamil dan belum juga diberikan anugerah indah tersebut. Menunggu seraya melakukan pemeriksaan kesuburan adalah cara terbaik. Ingat, perhatikan pula posisi serta intensitas bercinta Anda. Lakukanlah hubungan intim saat istri dalam masa subur.

Pantangan Saat Wanita Haid, Jangan Pernah Di Lakukan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button