10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang Ampuh dan Aman - Buletinsehat.com
Pengobatan

10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang Ampuh dan Aman

Buletinsehat.com – 10 Obat Tradisional Penyakit TBC mungkin adalah hal baru bagi Anda karena selama ini penderita TBC umumnya diobati dengan pemberian obat antibiotik oleh dokter selama 6-12 bulan. Pengobatan dengan antibiotik dapat mengurangi frekuensi kekambuhan tapi tidak menjamin kesembuhan. Selain itu penggunaan antibiotik dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping negatif bagi fungsi organ tubuh yang lain. Apalagi pengobatan TBC dapat berlangsung beberapa bulan hingga tahunan. Tentu saja penderita TBC harus menghentikan ketergantungan dengan obat-obatan kimia dan beralih ke obat tradisional.

Gejala, Penyebab, dan Penularan Penyakit TBC

Penyakit TBC adalah penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tubercolosis. Penularan TBC terjadi dari penderita ke orang lain melalui kontak langsung dengan penderita, batuk, bersin, air liur/percikan ludah. Seorang penderita TBC aktif akan menularkan kepada 10-15 orang disekitarnya pertahun dan sekitar 50-60% penderita TBC meninggal dunia karena pengobatan yang tidak efektif. Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa setiap tahun terdapat 450.000 Kasus TBC dengan angka kematian sebesar 175.000 pertahun dimana 75% penderita berada di usia produktif.

Penyakit ini banyak ditemukan pada masyarakat dengan kondisi sosial ekonomi rendah dan kekurangan gizi. Jumlah penderita TBC di Indonesia adalah terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Di negara-negara berkembang, penyakit ini banyak menginfeksi anak-anak dan usia produktif. Penyakit TBC menyebar di seluruh dunia dengan kasus baru mencapai 8 juta orang setiap tahunnya dan angka kematian akibat TBC mencapai 2-3 juta per tahun atau dapat dikatakan setiap 18 detik ada orang yang meninggal karena penyakit ini. TBC merupakan pembunuh terbanyak kedua setelah Jantung.

Gejala yang dialami penderita TBC diantaranya: interval nafas pendek, batuk berdahak yang disertai darah lebih dari 3 minggu/batuk kronis, nyeri di bagian dada atas, mual, banyak berkeringat di malam hari, kehilangan berat badan secara bertahap, dan kelelahan fisik. Penyakit TBC tidak hanya menyerang organ paru namun dapat menyerang organ lain seperti otak, tulang, perut, sendi, kulit, payudara.

Obat tradisional untuk TBC harus memperhatikan beberapa hal yaitu obat tersebut harus mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas dan antibakteri agar bakteri penyebab TBC dapat dilumpuhkan. Berikut ini beberapa tanaman obat serta ramuan herbal untuk mengobati TBC.

10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang Ampuh dan Aman

Daun Sirih Merah

Cuci bersih 7 Lembar Daun Sirih Merah lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga air berkurang setengahnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan menambahkan 1 sdm madu.

Sambiloto

Ambil Daun Sambiloto kering 1 genggam kemudian digiling halus hingga menjadi bubuk. Tambahkan madu ke bubuk Sambiloto tersebut kemudian dibuat bulatan-bulatan kecil berdiameter 0,5 cm atau berbentuk seperti pil. Minum 15-30 pil dengan air hangat 2-3 x sehari.

Bawang Putih

Ambil Bawang Putih 2-4 butir, dicuci bersih, kemudian dikunyah, dan airnya ditelan.

Lempuyang Wangi

Cuci bersih 1 genggam Akar Lempuyang Wangi kemudian dipotong-potong dan direbus dengan 5 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan, diminum ¾ gelas 2 kali sehari.

Buah Kelapa Hijau

Kelapa Hijau ini merupakan satu dari 10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang mudah didapat dan harganya sangat terjangkau. Caranya potong bagian bawah dan bagian atas kelapa hijau dan beri lubang di bagian atasnya. Panaskan kelapa hijau diatas bara api hingga mendidih, diamkan selama 15 menit, dan air kelapa diminum setelah dingin pada pagi dan sore hari.

Kembang Sepatu

Giling 3 kuntum Kembang Sepatu hingga halus, tambahkan 1 sdm madu dan ½ gelas air matang. Peras dan saring. Minum air seduhannya 3 x sehari.

Daun Sisik Naga

Cuci bersih 30 gram Daun Sisik Naga Segar, rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Minum ramuan ini 2 x sehari dan setiap minum sebanyak ½ gelas.

Bambu Tali atau Bambu Apus

Ambil 6-12 gram umbi atau rebung Bambu Tali kering, direbus dengan 1,5 gelas air. Minum air rebusan dalam keadaan hangat 2 x sehari sampai penyakit sembuh. Ramuan ini efektif untuk menyembuhkan TBC yang disertai batuk berdarah.

Bidara Upas

Bidara Upas termasuk 10 Obat Tradisional Penyakit TBC, Caranya Cuci bersih ¼ jari Bidara Upas kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok makan air matang. Peras dan saring. Diminum tiga kali sehari.

Singawalang

Singawalang termasuk 10 Obat Tradisional Penyakit TBC. Cuci bersih 5 lembar Daun Singawalang kemudian tumbuk hingga halus. Seduh hasil tumbukan dengan air panas, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk hingga larut, saring, dan dinginkan. Minum ramuan ini 2 x sehari.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari 10 Obat Tradisional Penyakit TBC ini, Anda harus melakukan beberapa hal diantaranya: berhenti merokok, tinggal di lingkungan yang sehat, tidak makan tauge atau kecambah, dan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan pengobatan tradisional ini secara teratur dan bila sakit berlanjut atau semakin berat, segera konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba. Semoga Allah segera memberikan kesembuhan kepada Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button