10 Penyakit Terbanyak di Indonesia yang Menyebabkan Kematian - Buletinsehat.com
PengobatanTips Sehat

10 Penyakit Terbanyak di Indonesia yang Menyebabkan Kematian

Buletinsehat.com – Apa saja 10 Penyakit Terbanyak di Indonesia? Data Departemen Kesehatan RI menunjukkan peningkatan jumlah penderita 10 penyakit terbanyak tersebut. Data Kementerian Kesehatan RI juga mencatat 35,7% penduduk usia 15 tahun keatas merokok setiap hari, 93,6% kurang konsumsi buah dan sayur, serta 48,2% kurang aktivitas fisik. Apalagi 10 penyakit ini sebagian besar termasuk golongan penyakit kronik yang memerlukan waktu lama dan biaya besar untuk penyembuhannya.

10 Penyakit Terbanyak di Indonesia yang Menyebabkan Kematian

1. Jantung Koroner

Jantung Koroner adalah satu dari 10 Penyakit Terbanyak di Indonesia yang menyebabkan kematian. Penderita umumnya mengalami nyeri dada, gagal jantung, hingga serangan jantung karena jantung gagal memompa darah.

2. Tuberkolosis (TBC)

10 Penyakit Terbanyak di Indonesia yaitu TBC. Ya, Indonesia termasuk peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TBC. Terapi pengobatan TBC selama 6 bulan tanpa putus efektif menghindarkan penderita dari kematian.

3. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Penyakit gangguan metabolisme karena terganggunya produksi Insulin dan tingginya kandungan gula darah. Diabetes dapat menyebabkan kematian dengan berbagai komplikasi yang dibutuhkan.

4. Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Penyakit ini disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak/berkolesterol tinggi berlebihan serta kurangnya aktivitas fisik/olahraga. Hipertensi membahayakan karena menyebabkan stroke, gagal jantung, serangan jantung.

Baca Juga : Siti Qolbuniyah Jin yang Menggegerkan Pesantren Keresek – Garut

5. Stroke

Di Indonesia diperkirakan ada 300.000 kasus Stroke setiap tahunnya. Sayangnya, pasien sering datang ke rumah sakit sudah dengan tingkat keparahan tinggi sehingga terlambat ditangani.

Baca Juga : 10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang Ampuh dan Aman

6. Kanker

Beberapa dekade yang lalu, jumlah penderita kanker tidaklah sebanyak pada dekade ini. Penyakit ini semakin menggejala karena faktor meningkatnya konsumsi makanan cepat saji, polusi udara, tingkat stres tinggi.

7. Penyakit Paru Kronis

Tingginya angka penderita penyakit ini terjadi karena kondisi lingkungan yang buruk terutama di kawasan industri/perkotaan padat penduduk serta kebiasaan merokok masyarakat Indonesia.

8. Diare

Separuh penduduk Indonesia masih tinggal di kawasan kumuh dan tidak memiliki sanitasi yang baik. Sayangnya, penanganan Diare sering tidak serius sehingga banyak menyebabkan kematian pada anak dan balita.

9. Infeksi Saluran Pernafasan/Pneumonia

Iklim tropis dengan kelembaban tinggi diduga menjadi penyebab banyaknya penyakit ini di Indonesia yang banyak menyerang anak dan balita di daerah dataran tinggi/pegunungan.

Baca Juga : Pengobatan Arcalion 200 Mg

10. HIV/AIDS

Penggunaan jarum suntik bersama-sama, transfusi darah, dan hubungan seksual tanpa pengaman meningkatkan angka penderita penyakit ini setiap tahun. Karena itu, Pendidikan Kesehatan Reproduksi/Penanggulangan HIV/AIDS harus terus dilakukan.

Bila kita telaah lebih jauh, 10 Penyakit Terbanyak di Indonesia umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk (merokok/alkoholik), gaya hidup tidak sehat, dan minimnya perhatian pada deteksi dini serta pencegahan penyakit. Karena itu lakukan check-up kesehatan rutin, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta memiliki asuransi kesehatan yang akan melindungi Anda dari bencana finansial karena sakit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button