5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami - Buletinsehat.com
Ibu dan AnakPengobatan

5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami

Buletinsehat.com | 5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami – Sembelit sebagai permasalahan yang paling biasa terjadi pada anak-anak, Bunda. Umumnya, ini terjadi sesudah anak dikenalkan dengan makanan pengiring air susu ibu (ASI).

Pada waktu itu, pencernaannya butuh waktu untuk beradaptasi. Dan kemungkinan anak, tidak bab sepanjang sekian hari atau fesesnya terlampau keras, hingga bisa membuat alami kesakitan saat bab.

Selain karena dikasih MPASI, sembelit bisa juga terjadi pada anak yang barusan dilatih memakai toilet atau toilet pelatihan. Untuk beberapa anak, toilet pelatihan dapat membuat anak alami frustrasi, Bunda.

Adapun sembelit yang dirasakan anak dapat dimulai dari yang enteng sampai akut. Walau sembelit bisa mengakibatkan ketaknyamanan, umumnya ini memiliki sifat sementara dan bisa diobati kok, Bunda.

“Walau perlu kesabaran, sembelit akut dapat sembuh,” kata pakar gastroenterologi anak, Mohammad Nasser Kabbany, diambil dari Cleveland Clinic.

Pemicu Sembelit Pada Anak

Sembelit paling umum terjadi saat kotoran atau feses bergerak terlampau lamban lewat aliran pencernaan, hingga mengakibatkan feses jadi keras dan kering. Tetapi, mencuplik Mayo Clinic, banyak factor yang dapat mengakibatkan sembelit, salah satunya:

– Menahan bab

Anak kemungkinan meremehkan kemauan untuk bab karena takut ke toilet atau mungkin tidak ingin istirahat dari bermain, Bunda. Beberapa anak pilih meredam bab saat tidak ada di rumah karena tidak nyaman memakai toilet umum.

Bab yang menyakitkan karena feses yang besar dan keras bisa juga mengakibatkan anak meredam bab. Bila bab berasa sakit, anak kemungkinan menghindariinya.

– Toilet pelatihan

Bila anak terlampau cepat diperkenalkan dengan toilet pelatihan, kemungkinan mereka akan melawan dan meredam bab. Bila anak terus-terusan menampik toilet pelatihan, karena itu dorongan untuk bab secara cepat jadi kebiasan yang tidak tersengaja dan susah diganti.

– Peralihan skema makan

Minimnya buah dan sayur kaya serat atau cairan yang dimakan anak dapat mengakibatkan sembelit. Salah satunya pemicu sembelit ialah saat anak berpindah dari konsumsi semua cairan ke makanan padat atau MPASI.

– Peralihan kegiatan rutin

Semua peralihan dalam kegiatan rutin anak, seperti perjalanan, cuaca panas atau depresi dapat mempengaruhi peranan usus. Anak-anak memungkinkan alami sembelit saat mereka mulai bersekolah.

– Penyembuhan

Antidepresan tertentu dan beberapa obat lain dapat mengakibatkan sembelit pada anak.

– Alergi susu sapi

Alergi pada susu sapi atau umumnya konsumsi produk susu, seperti keju dan susu sapi, terkadang dapat mengakibatkan sembelit lho, Bunda.

– Kisah dalam keluarga

Anak-anak yang mempunyai bagian keluarga yang sempat alami sembelit lebih kemungkinan alami sembelit. Ini karena mungkin factor genetik atau lingkungan.

Tanda-tanda sembelit pada anak

Ada banyak hal sebagai pertanda dan tanda-tanda bila anak alami sembelit, Bunda. Berikut sejumlah tanda-tanda itu:

– Dalam satu minggu kurang dari 3x bab
– Feses jadi keras, kering, dan susah untuk dikeluarkan
– Alami ngilu saat bab
– Sakit di perut
– Ada sisa feses cair atau warna pucat di celana dalam anak
– Ada darah di atas feses yang keras

Jika ini terjadi, umumnya anak akan menghindar bab karena takut berasa sakit. Bunda dapat memerhatikan sikap anak, seperti silangkan kaki, mengontraksikan pantat, menggerak-gerakan tubuh, atau menunjukkan gestur dan peralihan muka seakan sedang meredam suatu hal.sebuah hal.

Walau sembelit pada anak-anak umumnya tidak menyebabkan imbas yang serius, tetapi ini dapat memunculkan merasa tidak nyaman, Bunda. Bila sembelit telah akut, maka mengakibatkan kompleksitas, misalnya:

– Merasa sakit di kulit disekitaran anus
– Prolaps rektal, saat rektum keluar anus
– Stool witholding (depresi saat akan memakai toilet)
– Jika menghindar bab, mengakibatkan feses terkumpul di usus besar dan rektum

5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami.

Berikut 5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami

Sembelit yang dirasakan oleh anak bisa ditangani dan dihindari dengan alami, Bunda. Mencuplik dari beragam sumber, berikut langkahnya:

1. Cara Mengatasi Sembelit Anak : Air lemon

Diambil dari Parenting Firstcry, air atau juice lemon berperan sebagai obat yang bagus untuk menangani sembelit pada anak. Lemon banyak vitamin C, yang menolong menarik air ke usus. Saat kandungan air bertambah di usus, ini akan menolong melunakkan feses.

Campur 1/2 air lemon ke satu gelas air hangat, lalu tambah madu dan beri pada sang kecil. Baiknya, air lemon ini seharusnya dimakan pagi hari dengan keadaan perut kosong. Meminum pada pagi hari akan menggairahkan bab dan menurunkan sembelit.

2. Cara Mengatasi Sembelit Anak : Air mineral

Air penting untuk pastikan pencernaan dan saluran makanan lewat aliran usus. Minum cukup air bisa menahan kotoran jadi kering, hingga penting untuk jaga sang kecil masih tetap terhidrasi.

“Anak umur sekolah memerlukan minimal 3-4 gelas air tiap hari. Bila anak Anda hadapi kasus yang susah, coba berikan mereka juice prune tiap hari sampai permasalahannya terselesaikan sendiri,” kata dokter anak Kortni Unger, diambil dari Intermoun Health Care.

3. Cara Mengatasi Sembelit Anak : Madu dan biji rami

Madu berguna untuk menolong perkuat mekanisme kebal dan pencernaan. Tambah 1-2 sendok madu ke satu gelas susu dan beri ke anak saat perutnya masih kosong.

Disamping itu, biji rami dapat menolong menangani sembelit lho, Bunda. Triknya, rebus beberapa biji rami di air sepanjang beberapa saat, lalu saring dan beri air itu ke anak untuk diminum.

4. Cara Mengatasi Sembelit Anak : Olahraga dan mandi air hangat

Tidak ada atau minimnya kegiatan fisik bisa mengakibatkan permasalahan pada pencernaan dan pengurangan metabolisme, hingga dapat jadi parah tanda-tanda sembelit. Untuk menghindariinya, usahakan supaya anak mempunyai aktivitas dengan beberapa macam kegiatan fisik tiap hari ya, Bunda.

“Olahraga menolong usus kita bekerja yang baik . Maka bawalah anak olahraga dengan bersepeda, melemparkan bola, atau yang lain,” papar Unger.

Disamping itu, Bunda bisa juga menurunkan sembelit anak dengan memandikan atau ajaknya merendam gunakan air hangat. Tambah beberapa sendok soda kue ke air mandi dan diamkan anak santai dalam sepanjang 10 sampai 15 menit.

5. Cara Mengatasi Sembelit Anak : Makanan Serat

Konsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan banyak serat benar-benar menolong gerakan usus. Bunda dapat memberinya berbentuk juice buah atau cemilan seperti kacang-kacangan, bayam, ubi jalar, dan brokoli.

Disamping itu, Bunda bisa juga memberi sup jagung karena memiliki kandungan protein berbasiskan gula. Protein ini mainkan peranan penting dalam menggairahkan gerakan usus, hingga bisa menghindar anak dari sembelit.

Sembelit pada anak-anak umumnya tidak serius, tetapi bila sembelit akut dapat mengakibatkan kompleksitas. Bunda harus selekasnya bawa anak ke dokter bila sembelit berjalan lebih dari dua minggu dan dibarengi dengan demam, tidak selera makan, darah di celana dalam, perut buncit, berat tubuh turun, ngilu saat bab, dan ada sisi usus yang keluar anus (rectal prolapse). 5 Cara Mengatasi Sembelit Anak Secara Alami.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button