Alergi Ayam Potong, Bukan Masalah Besar - Buletinsehat.com
Tips SehatLifestyle

Alergi Ayam Potong, Bukan Masalah Besar

Buletinsehat.com – Alergi ayam potong merupakan salah satu alergi yang disebabkan oleh makanan. Alergi terhadap ayam potong ini dipicu adanya vaksin yang terdapat pada ayam potong. Seperti kita ketahui, dalam pertumbuhannya ayam potong biasanya disuntik dengan vaksin. Pada sebagian orang, vaksin yang masuk ke dalam tubuh melalui ayam potong yang dikonsumsi ini ditolak dengan memberikan reaksi berupa alergi.

Alergi ini bisa terjadi hanya beberapa jam atau beberapa hari setelah mengkonsumsi ayam potong. Reaksi yang ditunjukkan oleh masing-masing orang cukup beragam.

Tanda-tanda Alergi Ayam yang biasa muncul antara lain:

  • Kulit kemerahan disertai rasa gatal
  • Bengkak pada bagian wajah, lidah, tenggorokan dan beberapa bagian tubuh lainnya
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Pusing

Bila tanda-tanda alergi ini muncul, maka segera berikan pertolongan pertama. Misalnya saja dengan mengoleskan minyak kayu putih dan  bedak untuk mengurangi rasa gatal di kulit. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat celestamine. Selanjutnya hindari mengkonsumsi ayam potong dan juga telur. Sebab biasanya seseorang yang alergi terhadap ayam juga alergi terhadap telur.

Baca Juga : Asal Usul Nama Palabuhanratu

Makanan Pengganti

Ayam potong termasuk makanan yang cukup digemari, harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Namun untuk mereka yang alergi ayam potong tentu harus menahan diri untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan yang satu ini. Sebagai pengganti ayam potong,  pilihlah bahan-bahan makanan berikut ini.

  • Ayam Kampung

Ayam kampung memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan ayam potong. Namun kelebihannya, ayam kampung tak mengandung vaksin dan bahan-bahan kimia lainnya sebab ayam kampung biasanya dipelihara secara tradisional dengan makanan-makanan dari alam.

Walaupun begitu, sebaiknya waspadai ketika memberikan ayam kampung kepada seseorang yang alergi terhadap ayam potong. Berikan olahan ayam kampung sedikit demi sedikit dahulu dan amati bila terjadi reaksi alergi.

  • Tahu dan Tempe

Bahan makanan hasil olahan dari kedelai ini merupakan sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Selain itu, tahu dan tempe mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Untuk masakan-masakan yang biasanya menggunakan ayam seperti opor ayam, tahu dan tempe bisa dipilih untuk menggantikan ayam potong.

  • Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak protein sehingga bisa menggantikan protein hewani dari ayam potong. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat sehingga bisa mendukung pencernaan berjalan dengan baik.

  • Jamur

Jamur jika diolah memiliki tekstur yang nyaris sama dengan daging ayam potong. Adapun Jamur juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan sama seperti ayam potong. Kalau melihat dari kandungan gizinya,Jamur kaya akan protein dan rasanya pun tak kalah dengan ayam potong.

  • Susu

Susu juga bisa dipilih untuk menggantikan asupan protein yang diperoleh dari ayam potong. Tetapi jika ternyata alergi terhadap susu sapi, maka susu kedelai pun bisa dipilih sebagai pengganti ayam potong dan sekaligus pengganti susu sapi.

Kesimpulan

Nah, tak mengkonsumsi ayam potong karena alergi terhadap ayam potong sesungguhnya tak menimbulkan masalah yang berarti. Sebab masih banyak bahan makanan lainnya yang bisa menggantikan ayam potong dengan kandungan gizi yang setara. Jadi, tak perlu berkecil hati bila ternyata alergi ayam potong.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button