Alergi Dingin dan Debu Pada Anak - Buletinsehat.com
Ibu dan Anak

Alergi Dingin dan Debu Pada Anak

Buletinsehat.com – Apakah anak Anda mengalami alergi dingin dan debu? Alergi dingin dan debu ini sering juga disebut dengan Hay fever atau rhinitis alergi. Apa itu rhinitis alergi? seperti apa gejalanya serta bagaimana cara pengobatannya?

Dalam artikel ini penulis aka berbagi informasi tentang alergi dingin dan debu pada anak agar Anda bisa mengatasi masalah atau keluhan anak ini dengan tepat. Mari simak informasinya berikut.

Apa Itu Rinitis Alergi?

Rhinitis alergi yaitu sebuah kondisi ketika tubuh mengalami gejala-gejala seperti bersin, meler, hidung tersumbat, atau adanya tekanan sinus. Alergi ini umumnya disebabkan oleh debu atau cuaca singin. Ada juga yang disebabkan oleh serbuk sari yang sering disebut dnegan istilah pollinosis. Alergi Dingin dan Debu Pada Anak

Menurut WHO, rhinitis terjadi karena adanya kelainan pada hidung  ketika mukosa hidung terpapar oleh allergen. Gejala-gejalanya antara lain adanya rasa gatal di hidung, bersin-bensin, hidung tersumbat, dan rinore.

Alergi Dingin dan Debu pada Anak

Rinitis alergi atau alergi dingin dan debu ini bisa terjadi karena  sistem imun tubuh menilai bahwa zat yang masuk ke dalam hidung dari udara sebagai sebuah ancaman, padahal zat tersebut tidak berbahaya. Adanya penilaian berbahaya ini emmbuat sistem kekebalan tubuh menjadi bereaksi kemudian menghasilkan antbodi untuk melakukan perlawanan pada zat tersebut. Selain antibody, histamine juga akan dilepaskan sehingga menimbulkan berbagai gejala.

Alergi Dingin dan Debu Pada AnakGejala dari alergi dingin dan debu ini antara lain mata berair, bersin-bersin, gatal di hidung, gatal di tenggorokan, pilek, dan sebagainya. Untuk alergi yang parah gejala yang bisa terjadi antara lain sakit kepala, mengeluarkan keringat, mengalami kehilangan rasa dan bau, wajah terasa sakit, serta timbulnya rasa gatal di telinga, tenggorokan, serta hidung. Gejala-gejala ini bisa mebuat pasien menjadi kelelahan, sulit tidur, serta mudah marah. Mereka yang memiliki asma juga akan kambuh jika alergi ini muncul.

Cara Penanganannya

Lantas, bagaimana cara penanganannya? Untuk pencegahan, Anda bisa mengupayakan untuk menghindarkan anak dari serbuk sari atau debu, usahakan anak selalu menggunakan baju hangta jika di tempat dingin, mandilah dengan air hangat, dan sebagainya. Sedangkan untuk pengobatan, sebaiknya segera anak bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi tentang alergi dingin dan debu ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button