Alergi Terhadap Susu Sapi, Apakah Bisa Disembuhkan? - Buletinsehat.com
Tak Berkategori

Alergi Terhadap Susu Sapi, Apakah Bisa Disembuhkan?

Alergi Terhadap Susu Sapi – Banyak orangtua yang merasa begitu khawatir saat sang anak dinyatakan alergi terhadap susu sapi. Wajar saja hal ini terjadi mengingat susu sapi begitu kaya akan kandungan-kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, susu sapi mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau terutama bila dibandingkan dengan harga susu pengganti susu sapi yang terbilang mahal.

Baca Juga : Apakah Bayi Bisa Alergi ASI? Cek Penjelasannya di Sini

Resiko terjadinya alergi terhadap susu sapi sebenarnya bisa diperkecil dengan cara memberikan ASI secara eksklusif kepada anak hingga usia 6 bulan. Sedangkan pemberian makanan sebelum memasuki usia 6 bulan membuat anak beresiko terkena alergi terhadap susu sapi. Selain itu, keadaan di lingkungan sekitarnya juga bisa berpengaruh. Misalnya saja debu dan polusi. Tetapi tak dipungkiri, faktor keturunan memiliki andil yang besar terhadap terjadinya alergi pada susu sapi.

Nah, pada sebagian anak, alergi terhadap susu sapi ini bisa hilang dengan sendirinya saat anak berusia lebih dari 3 tahun atau saat anak menginjak usia pra remaja. Keadaan ini bisa terjadi karena pada usia ini pencernaan anak sudah lebih sempurna. Karena itu alangkah baiknya menjelang usia 3 tahun ini orangtua mulai memperkenalkan lagi makanan berbahan dasar susu agar anak terbiasa.

Baca Juga : Heboh, Gadis Berusia 15 Tahun Hamil Gara-gara Menelan Sperma

Makanan Pendamping Alergi Susu Sapi

Anak-anak yang berusia kurang dari 3 tahun pencernaannya belum sempurna sehingga rentan mengalami alergi terhadap susu sapi. Nah, selain memberikan susu pengganti, jika usianya sudah mencukupi orangtua bisa memaksimalkan pemberian makanan pendamping untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan anak. Idealnya, pemberian makanan pendamping ini setelah anak berusia lebih dari enam bulan. Berkaitan dengan makanan pendamping ini, berikut beberapa makanan pendamping yang bisa diberikan kepada anak.

Jus Buah

Jus buah cocok dipilih untuk memperkenalkan makanan pendamping kepada anak. Jus buah memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih mudah diterima sistem pencernaan anak. Hindari memberikan jus buah yang terlampau asam agar tak menimbulkan diare pada anak.

Biskuit dan Bubur

Selanjutnya anak bisa diberikan makanan pendamping berupa biskuit dan bubur yang memiliki tekstur lebih kasar bila dibandingkan dengan jus buah.

Nasi Tim dan Paduan Sayuran

Setelah itu barulah anak bisa diperkenalkan dengan nasi tim yang lebih kasar. Pemberian nasi tim ini bisa dipadukan dengan sayur-sayuran yang dikukus.

Baca Juga : Rental Mobil Sukabumi Terbaru Tahun 2022, Update Harga Serta Armada

Dalam pemberian makanan pendamping ini, orangtua harus memperhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan yang diberikan. Selain itu, amati pula reaksi anak terhadap makanan yang diberikan. Jika anak tidak muntah, tidak diare dan berat badannya meningkat, maka pemberian makanan pendamping ini sudah tepat. Dengan makanan pendamping yang tepat inilah kekurangan nutrisi akibat alergi terhadap susu sapi pada anak bisa dihindari.

Artikel Alergi Terhadap Susu Sapi, Apakah Bisa Disembuhkan? pertama kali tampil pada Kesehatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Generated by Feedzy