Ampas Setelah Haid, Berbahaya atau Tidak? - Buletinsehat.com
PengobatanTips Sehat

Ampas Setelah Haid, Berbahaya atau Tidak?

Ampas Setelah Haid, Berbahaya atau Tidak? Pada saat haid akan selesai, akan ada gumpalan darah maupun flek hitam yang merupakan ampas setelah haid. Sebenarnya, yang dimaksud dengan ampas setelah haid itu bukan berarti ada ampas yang keluar dari vagina setelah haid selesai. Ampas setelah haid berarti sisa-sisa darah yang keluar setelah periode haid akan berakhir.

Ampas Setelah Haid, Berbahaya atau Tidak?

Ampas setelah haid biasanya berupa flek hitam maupun darah yang sedikit menggumpal dan berwarna lebih pekat, coklat hingga kehitaman. Ampas haid ini biasanya akan keluar pada hari-hari menjelang haid berakhir, 1 atau 2 hari sebelum darah haid benar-benar bersih. Jumlah ampas setelah haid biasanya lebih sedikit dibanding darah saat haid.

Baca Juga : Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Selain jumlah, ampas setelah haid memiliki jumlah yang lebih sedikit dibanding darah haid itu sendiri. Kadang, jumlah ampas dalam sehari hanya 1 hingga 3 gumpalan atau flek-flek kehitaman. Gumpalan darah ini disebabkan oleh pembekuan yang menyebabkan darah tidak lancar dikeluarkan bersama darah haid.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ampas setelah haid merupakan gejala yang normal dialami setiap wanita. Jadi, gumpalan darah maupun flek ini bukanlah sesuatu yang membahayakan. Namun, jika gumpalan darah keluar secara berlebihan dan menyebabkan gejala tubuh yang lain, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Keluarnya Ampas Setelah Haid Disertai Gejala Lain

Pada dasarnya ampas setelah haid merupakan suatu hal yang sangat wajar dan tidak membahayakan. Namun, ada beberapa wanita yang mengeluarkan ampas setelah haid disertai gejala tubuh lain, seperti lemas dan tidak nyaman. Rasa lemas ini cukup wajar terjadi karena bagaimanapun Anda sedang mengeluarkan darah sehingga tubuh terasa lemas dan kadang pusing.

Baca Juga : 7 Manfaat Bunga Cempaka (No. 5 Wanita Harus Tahu)

Jika tubuh terasa lemas saat mengeluarkan darah ampas setelah haid, Anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak minum, mengonsumsi makanan bergizi, serta beristirahat dengan cukup. Jika Anda merasakan panas pada vagina sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, bisa diatasi dengan mengenakan celana dalam berbahan katun. Jangan lupa untuk mengganti celana dalam sesering mungkin.

Itulah beberapa informasi penting yang berkaitan dengan darah ampas setelah haid. setiap wanita umumnya akan mengalami fase pengeluaran sisa darah atau ampas haid pada saat haid akan berakhir. Oleh sebab itu, tidak perlu cemas dengan hal semacam ini karena bukanlah sesuatu yang membahayakan. Namun, pemeriksaan tetap perlu dilakukan jika jumlah darah ampas haid melebihi batas normal disertai gejala tubuh serius.

 

Artikel Ampas Setelah Haid, Berbahaya atau Tidak? pertama kali tampil pada Kesehatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Generated by Feedzy