Apa Itu Ambeien dan Seperti Apa Gejalanya? - Buletinsehat.com
Pengobatan

Apa Itu Ambeien dan Seperti Apa Gejalanya?

Buletinsehat.com – Tahukah Anda apa itu ambeien dan Seperti Apa Gejalanya? Istilah yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga anda. Ambeien atau wasir memang diderita oleh sebagian masyarakat Indonesia. Biasanya mereka yang terlalu lama duduk saat bekerja yang memiliki penyakit ini. Bagaimana sebenarnya ambeien ini? Mari kita bahas informasinya berikut.

Apa Itu Ambeien dan Seperti Apa Gejalanya?

Ambeien adalah suatu penyakit di sekitar bibir anus yang membengkak bahkan bisa juga disertai pendarahan. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh adanya gerakan seperti mengejan yang berlebihan, terlama dan sering duduk atau berdiri, mengangkat beban berat, dan faktor keturunan. Pengobatan untuk penyakit ini umumnya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga penderita harus bersabar dalam menghadapinya.

Gejala ambeien yang umum terjadi pada penderita adalah adaya rasa panas serta gatal di bagian anus yang disertai adanya benjolan kecil. Penderita akan merasakan sakit yang cukup hebat data akan buang air besar dna mengalami kesulitan dalam buang air besar. Bahkan beberapa kasus terjadi juga pendarahan saat BAB.

Jenis dan Cara Pengobatannya

Pengobatan ambeien bisa dilakukan jika telah diketahui jenis yang diderita. Hal ini dilakukan agar penanganan terhadap ambeien bisa tepat dan efektif. Lalu, apa saja jenis ambeien? Ambeien ini bisa dikategorikan menjadi 2 jenis. Pertama, ambeien internal. Pada ambeien ini, terjadi pembengkakan di sekitar rectum yang sulit untuk diraba atau dilihat. Ambeien jenis ini relative tidak sakit tapi terjadi pendarahan dan juga ambeien bisa keluar dan terlihat berwarna merah muda.  Pengobatan untuk ambeien jenis ii yaitu dengan mendorong kembalu ambeien untuk masuk ke dalam.

Kedua, ambeien eksternal. Ambeien kategori ini termasuk berat. Penderita akan merasa gatal, peri, dan sakit di lubang anus. Apalagi jika ambeien terdorong keluar saat BAB. Biasanya akan terjadi penggumpalan thrombosis sehingga mengakibatkan adanya warna biru keunguan pada ambeien. Untuk pengobatan ambeien ini, bisa dilakukan dengan suntik skleroterapi. Dengan suntikan ini ambeien akan putus dan tidak lagi terasa sakit.

Cara  pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk mengobati adalah dengan arus listrik, laser, atau sinar infra merah. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, pengobatan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan cara operasi.

Itulah informasi tentang apa itu ambeien? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menangani masalah ambeien.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button