Apakah Amandel Harus Dioperasi? - Buletinsehat.com
PengobatanTips Sehat

Apakah Amandel Harus Dioperasi?

Buletinsehat.comApakah Amandel Harus Dioperasi? Amandel harus dioperasi dalam keadaan tertentu. Misalnya saja jika ternyata tonsil yang  membesar dalam kondisi peradangan ternyata malah menutup jalan pernafasan. Ketika jalan pernafasan tertutup, seseorang akan mengorok ketika tidur atau juga sering sesak anfas.

Padahal di sisi manfaatnya, tonsil berfungsi untuk melawan berbagai jenis virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan. Oleh sebab itu, jika masih terhitung berondisi normal, amandel tidak harus selalu dioperasi.

Sebab, dalam usia anak-anak, pengangkatan tonsil akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya. Anak bisa kehilangan sistem kekebalan tubuh. Tetapi jika memang nampaknya penting diangkat maka tunggulah sampai anak berusia sekitar 10 tahun. Dan sebaiknya terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT).

Baca Juga : Khasiat Buah Sirsak Untuk Kecantikan

Sebenarnya apakah amandel harus dioperasi meskipun belum parah? kebanyakan dokter akan langsung berinisiatif untuk mengangkat amandel meskipun mungkin masih ada cara lain untuk mengatasinya. Ketika terjadi infeksi, masih wajar kalau amandel mengalami pembengkakan.

Setelah dilakukan pengobatan dan ternyata amandel bisa mengecil dan pasien merasa sehat maka tidak perlu lagi dilakukan prosedur operasi. Sekali lagi penting diingat bahwa amandel merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Pada akhirnya operasi hanyalah sebuah alternatif sampingan tetapi bukan yang utama.

Maka dokter harus jeli untuk melihat kemungkinan penting atau tidaknya melakukan operasi terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Apakah Amandel Harus Dioperasi?

Tidak juga, kecuali kalau amandel sudah beralih fungsi menjadi sumber penyakit bukan lagi pelindung dari virus dan bakteri. Jika sudah berada dalam kondisi ini artinya memang tidak ada solusi lain yang terbaik.

Sebabnya, kuman bisa membuat infeksti terus menerus sehingga justru melemahkan daya tahan tubuh sampai anak berusia dewasa. Coba perhatikan apakah dalam satu tahun anak mengalami radang amandel sampai enak kali dalam waktu satu tahun.

Dan kalau memang setiap dua sampai tiga bulan anak selalu mengalami peradangan amandel sampai membuat tubuhnya deman tinggi, maka sebaiknya segeralah pergi berobat ke dokter THT. Bisa jadi ini menjadi indikasi kalau memang prosedur operasi wajib dilakukan karena infeksi yang membawa berbagai kuman ini jika dibiarkan saja maka lama-kelamaan akan menyebar ke organ tubuh vital lainnya bahkan sampai ke paru-paru dan merusak sistem pernafasan anak sampai usia dewasa nanti. Oleh sebab itu konsultasikan dengan dokter apakah amandel harus dioperasi?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button