Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Batita - Buletinsehat.com
Ibu dan AnakKesehatan Pria

Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Batita

Buletinsehat.com | Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Batita – Masa pertumbuhan bayi menuntut orang tua untuk terus memantau asupan makanan yang bergizi sebab pada masa 0 hingga 6 tahun merupakan momen emas anak. Untuk mendapatkan kecerdasan anak yang maksimal, dibutuhkan dua faktor. Faktor tersebut antara lain internal dan eksternal. Pada faktor eksternal salah satu yang menjadi perhatian adalah asupan gizi anak. Sehingga diperlukan pengetahuan gizi bagi orang tua. Berikut kami sajikan beberapa makanan yang mengandung gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. baca juga 10 penyakit di Indonesia

Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Batita

Anak membutuhkan asupan gizi dan makanan berkualitas untuk mendukung daya kembang dan kerangka berpikir anak. Makanan yang dapat menjadi pendukung pengembangan kecerdasan anak antara lain selai kacang, telur, salmon, gandum, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran berwarna terang. makanan-makanan tersbeut memiliki gungsi yang berbeda sehingga tetap diperlukan porsi simbang untuk mendapatkan menu ideal.

Selai kacang atau kacang-kacangan terutama kacang merah mengandung vitamin dan mineral yang dapat mempertahankan fungsi otak juga sistem saraf. Telur dengan kandungan kolinnya membantu untuk membangun pertumbuhan memori hingga sempurna. Sedangkan salmon merupakan makanan mahal yang setara dengan khasiatnya sebab mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak.

Sementara gandum dan yogurt yang merupakan fermentasi susu baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak juga membantu mempertahankan kemampuan berpikir anak. Sayuran berwarna terang kaya akan nutrisi sebagai penangkal radikal bebas. Sayuran berwarna terang antara lain terong, tomat, bayam, labu, wortel, serta ubi merah.

Menjaga Keutuhan Gigi Anak

Gigi susu pada anak tetap perlu dijaga meski pada akhirnya akan tanggal dan tergantikan dengan gigi permanen. Memelihara kesehatan dan keutuhan gigi dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari, menghindarkan gigi dari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, membatasi mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula berlebih, serta menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Pada masa usia di atas 1 tahun disarankan untuk tidak lagi menggunakan botol susu agar tidak menghambat pertumbuhan gigi yang sempurna.

Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan BatitaMenjaga Kesehatan Anak

Kesehatan anak menjadi tanggung jawab orang tua dan harus diperhatikan dengan baik agar anak tidak mudah terjangkit penyakit. Sebab itulah untuk menjaga kesehatan anak, Anda harus memerhatikan kebersihan anak dimulai dari peralatan makannya, permainannya, serta pakaiannya.

Meski demikian biarkan anak bebas dengan dunianya sendiri sehingga tubuhnya mampu membuat antobodi yang dibutuhkan pada waktu yang tepat. Anda hanya perlu memantau namun tidak disarankan untuk menjaga ketat gerak fisik anak. Dengan demikian kesehatan fisik dan psikis anak tetap terjaga.

Sekian artikel singkat mengenai Asupan Gizi untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Batita serta upaya menjaga kesehatan anak. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Jangan Lupa Kunjungi Blog Sejarah Raja-raja di Kerajaan Sunda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button