Apakah Berbahaya mengonsumsi 10 butir telur sehari? - Buletinsehat.com
PengobatanTips Sehat

Apakah Berbahaya mengonsumsi 10 butir telur sehari?

Buletinsehat.com – Apakah Berbahaya mengonsumsi 10 butir telur sehari? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada pertanyaan sederhana yang harus Anda jawab “Pernahkah Anda makan telur?” Tentunya kebanyakan akan menjawab sudah. Telur menjadi makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi. Mau orang kaya atau miskin pasti pernah makan telur. Bedanya mungkin jumlahnya yang banyak dan sedikit. Kemudian jika makan telur berlebihan apakah berdampak pada tubuh kita.

Berbahayakah Mengonsumsi 10 Butir Telur Sehari?

Telur menjadi populer karena protein dan kolesterolnya. Makanya telur tidak perlu dijauhi. Telur adalah makanan yang memiliki gizi tinggi. Makan telur tentunya juga berkaitan dengan pola hidup Anda. Jika pola hidup Anda baik maka makan telur bisa jadi menjadi sebuah keharusan. Seperti atlet binaraga. Sebut saja Ade Rai. Berapa Ade Rai mengonsumsi telur dalam sehari? Ada beberapa sumber yang mengatakan lebih dari 10 butir telur sehari. Ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Kekurangan protein dalam tubuh akan membuat tekanan darah turun, sering merasa lelah dan daya tahan terhadap infeksi menurun. Khususnya pada anak-anak dianjurkan untuk mengonsumsi kuning telur. Kuning telur sangat baik karena mengandung beta karoten yang berprotein tinggi. Tapi tidak baik untuk dewasa karena mengandung kolesterol tinggi. Lalu untuk orang dewasa Berbahayakah mengonsumsi 10 butir telur sehari? Mari kita lihat dulu manfaat dari telur.

Berikut secara umum manfaat telur bagi kesehatan:

• Mengandung Mineral

Putih telur merupakan sumber riboflavin dan selenium serta vitamin esensial seperti B-12, folat, niasin betani dan kolin.

• Mengandung Protein

Jelas telur mengandung protein. Namun saat mengonsumsi telur biar seimbang alangkah lebih baiknya diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

• Vitamin D

Telur merupakan salah satu sumber vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin D sangat diperlukan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan gigi dan susu.

• Mengandung Lutein dan Zeaxanthin

Pada kuning telur terdapat zat yang mengandung lutein dan zeaxanthin.  Fungsi kedua zat tersebut adalah untuk mencegah kerusakan mata terutama katarak.

• Diet

Makan telur ternyata dapat membantu Anda yang sedang diet. Putih telur sangat tinggi akan protein sehingga bisa mengganti kabohidrat untuk menurunkan berat badan.

Secara umum ada lima manfaat telur bagi kesehatan. Hal-hal lain seperti baik untuk masker wajah adalah manfaat dari luar. Mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang bisa dijadikan bahan referensi. Kemudian jika Anda sering mengonsumsi telur/hari dan itu tidak mengganggu pencernaan Anda, maka itu tidak masalah. Namun jika Anda memiliki kolesterol tinggi kemudian mengonsumsi telur 10 butir/hari, tentunya sangat berbahaya. Terutama bagian kuningnya. Karena yang mengandung kolesterol adalah bagian kuning telur.

Untuk atlet seperti binaraga misalnya. Mungkin mengonsumsi 10 butir telur sehari atau lebih dianjurkan sebagai penambah energi. Para atlet tentunya juga menyeimbangkan dengan banyak makan buah-buahan dan sayuran. Pun mereka rutin dicek kesehatannya. Berapa kalori yang dibutuhkan. Berapa kolesterolnya dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jin Azraq Siti Qolbuniyah Gegerkan Garut

Untuk efek samping sendiri biasanya mengonsumsi telur menyebabkan alergi. Jika itu terjadi setelah Anda mengonsumsi telur segera konsultasikan ke dokter. Apakah gejala misalnya gatal-gatal, kulit merah, mual dan muntah merupakan gejala alergi karena mengonsumsi  telur atau bukan.

Maka sebaiknya apa pun yang ingin Anda makan mau sedikit atau banyak harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Termasuk jika Anda memang hobi dengan telur dan harus mengonsumsi 10 butir telur sehari. Maka harus benar-benar sesuai dengan kemampuan fisik dan kebutuhan tubuh.

Kunjungi Tentang Sejarah Kerajaan Sunda di Aslisunda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button