6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Murah - Buletinsehat.com
Pengobatan

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Murah

Buletinsehat.com | Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami – Berbau mulut benar-benar sangat mengusik dan seringkali mengurangi rasa optimis, ditambah saat berbicara di depan seseorang. Tetapi tidak boleh cemas, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menangani berbau mulut secara alami.

Berbau mulut, atau dalam istilah klinis disebutkan halitosis, sebagai keadaan yang bisa dirasakan siapapun. Jarang-jarang menyikat gigi atau mungkin tidak terjaganya kebersihan mulut dan gigi sebagai pemicu berbau mulut yang paling umum terjadi.

Pemicu Berbau Mulut

Tidak teratur menyikat gigi tiap hari akan membuat serpihan tersisa makanan ketinggalan di mulut. Bakteri akan tumbuh pada serpihan itu, lalu keluarkan senyawa bau tidak lezat pemicu berbau mulut.

Bila dibiarkan terus, bakteri pemicu berbau mulut akan berkembang biak makin bertambah, sampai pada akhirnya membuat karies gigi. Saat itu terjadi, berbau yang ada dapat semakin kronis. Oleh karena itu, teratur bersihkan gigi sangatlah penting buat mempertahankan kesehatan gigi dan menahan berbau mulut.

Selain jarang-jarang menyikat gigi, minimnya air liur karena mulut kering dapat mengakibatkan berbau mulut. Masalahnya air liur berperanan bersihkan serpihan makanan dan benda asing dalam mulut. Berbau mulut karena mulut kering umumnya terjadi saat kita baru bangun tidur, terlebih bila awalnya tidur dengan mulut terbuka.

  • Selain itu, terbuka peluang berbau mulut yang Anda rasakan disebabkan karena beberapa faktor berikut ini:
  • Merokok atau konsumsi minuman mengandung alkohol.
  • Konsumsi makanan yang bau menusuk, seperti bawang dan petai.
  • Ada peradangan atau infeksi pada hidung, rongga sinus, mulut, atau kerongkongan, misalkan pada penyakit radang gusi, sinusitis, dan infeksi amandel.
  • Terserang penyakit asam lambung, masalah ginjal atau hati, dan kanker mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Untuk menangani berbau mulut, Anda harus rajin menyikat gigi dan memakai benang gigi buat bersihkan beberapa sisa makanan pemicu berbau mulut. Disamping itu, karena berbau mulut bisa juga disebabkan karena mulut kering, Anda disarankan untuk cukup minum air putih, yaitu minimum 8 gelas setiap hari.

Dari sisi menyikat gigi dan minum air putih yang cukup, Anda bisa manfaatkan beberapa bahan alami berikut untuk menangani berbau mulut:

1. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Susu

Saat Anda konsumsi makanan yang bau menusuk, seperti bawang putih atau bawang merah, minumlah susu sesudahnya. Riset sudah menunjukkan jika susu mempunyai kandungan yang sanggup hilangkan berbau mulut karena konsumsi makanan bau menusuk.

Selainnya susu, produk buatan susu berbentuk yoghurt dapat menolong hilangkan berbau mulut. Ini karena yoghurt memiliki kandungan probiotik yang bisa menolong kurangi jumlah bakteri pemicu berbau mulut.

2. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Jeruk

Selainnya mempunyai rasa yang beri kesegaran, jeruk kaya vitamin C yang berperan tingkatkan produksi air liur. Dengan bertambahnya air liur, bakteri pemicu berbau mulut bisa banyak dibuang dari mulut. Ada pula riset yang mengatakan jika vitamin C berguna untuk menahan radang gusi dan sariawan.

3. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Teh hijau

Green tea atau teh hijau sudah lama dijumpai memiliki kandungan zat yang memiliki sifat antibakteri dan anti-oksidan, dan bisa dibuktikan sanggup kurangi infeksi. Berita baiknya, teh hijau rupanya baik hilangkan berbau mulut.

Untuk membuat bertambah cita-rasa teh hijau, coba tambah daun mint ke dalamnya. Sama seperti dengan teh hijau, daun mint dipercayai efisien menangani berbau mulut.

4. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dengan Daun sirih

Tumbuhan ini kerap digunakan sebagai obat herbal, dan secara tradisionil, daun sirih sering dipakai dengan dikunyah. Berdasar sebagian riset, daun sirih mempunyai dampak antibakteri dan antiradang yang bisa menolong mempertahankan kesehatan mulut dan gigi. Dampak ini bagus untuk menangani berbau mulut.

5. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Akar manis

Akar manis atau licorice sebagai obat herbal yang biasa dipakai untuk menangani gatal-gatal, infeksi kulit, dan ngilu ulu hati. Disamping itu, akar manis memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dipercayai bisa hilangkan berbau mulut, menurunkan sariawan, dan menahan kerusakan gigi dan gusi.

Konsentrat akar manis dapat Anda dapatkan pada beragam produk obat herbal, baik pada sediaan gel, tablet hisap, atau obat kumur. Walau bahan ini sudah lama dipakai dalam penyembuhan tradisionil, masih diperlukan riset selanjutnya untuk tentukan sejauh mana efektifitas bahan ini.

6. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami  Dengan Daun saga

Sebuah study memperlihatkan jika daun saga memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dipercayai sanggup mematikan bakteri pemicu berbau mulut dan kerusakan gigi dan gusi. Disamping itu, daun saga dipercayai bisa kurangi infeksi pada gusi dan mulut, hingga dapat menangani berbau mulut dan sariawan, walau masih dibutuhkan riset selanjutnya.

Jika berbau mulut tidak lenyap sesudah memakai beberapa bahan alami di atas, seharusnya Anda konsultasi ke dokter gigi untuk cari tahu pemicu tentu berbau mulut yang Anda alami. Sesudah pemicunya dijumpai, dokter gigi akan menolong Anda tentukan pengatasan yang tepat. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button