Hubungan Antara Alpukat dan Kolesterol - Buletinsehat.com
DietTips Sehat

Hubungan Antara Alpukat dan Kolesterol

Hubungan Antara Alpukat dan Kolesterol yang selama ini dianggap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ternyata pernyataan tersebut salah. Banyak orang yang beranggapan alpukat dan kolesterol yang terkandung di dalamnya berbahaya bagi tubuhnya. Pasalnya, di dalam tubuhnya akan terjadi peningkatan kadar kolesterol seperti halnya konsumsi makanan berprotein hewani. Terutama bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol.

Sementara itu, buah alpukat memang memiliki rasa yang gurih dan enak. Tekstur daging buah lembut, berasa khas dan berlemak. Rasa enak ini karena adanya kadar kelesterol yang cukup tinggi di dalam daging buah alpukat. Namun, perlu diketahui jenis kolesterol apakah yang terkandung di dalam buah alpukat ini?

Hubungan Antara Alpukat dan Kolesterol

Alpukat dan kolesterol sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung jenis kolesterol yang baik. Hal ini merupakan sebuah kabar gembira bagi semua orang. Termasuk bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol. Jenis kolesterol yang terdapat dalam buah alpukat adalah HDL. Jenis kolesterol ini berperan untuk merangsang peluruhan kolesterol LDL di dinding pembuluh darah. Hasil peluruhan LDL ini nantinya diangkut menuju organ hati. Yang nantinya akan terurai di dalam organ hati.

Selain berperan untuk meluruhkan kolesterol jahat, HDL juga mampu menekan kadar trigliserida di dalam darah. Seperti yang sudah diketahui bersama, LDL bersama-sama trigliserida dapat membentuk plak di dinding pembuluh darah. Plak yang terus-menerus berkembang ini dapat mengecilkan saluran pembuluh darah sehingga aliran darah tersumbat.

Asupan alpukat yang di dalamnya terkandung kolesterol HDL dapat mengurangi kemunculan plak-plak ini. Dengan demikian, konsumsi alpukat merupakan sebagai upaya pencegahan dari serangan jantung dan stroke.

Banyak opini tentang alpukat dan kolesterol. Konsumsi buah alpukat dianjurkan bagi setiap orang. Baik itu orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi maupun tidak. Apalagi rasanya enak dan gurih. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya juga tinggi. Namun, opini masyarakat yang masih berkembang sampai saat ini yaitu konsumsi alpukat bisa membuat gemuk badan.

Baca Juga : Sejarah Nama Palabuhanratu

Padahal anggapan seperti itu tidaklah benar. Kegemukan lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup seperti kurang lengkap asupan gizi, tidak berolahraga banyak begadang dan minum-minuman beralkohol.

Alpukat dan kolesterol baik yang terkandung di dalamnya merupakan salah satu komponen nutrisi yang terdapat di dalamnya. Komponen-komponen nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh antara lain protein, lemak tak jenuh, karotenoid, anti-inflamasi, serat, vitamin dan mineral.

Komponen-komponen nutrisi tersebut bermanfaat bagi tubuh sebagai pembangun, pelindung dan menstabilkan proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. Tak perlu mengkhawatirkan berat badan saat mengkonsumsi buah ini. Kandungan nutrisinya yang berimbang akan diproses oleh tubuh dengan baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button