Mengenali Ini Penyebab Alergi atau Bukan? - Buletinsehat.com
PengobatanTips Sehat

Mengenali Ini Penyebab Alergi atau Bukan?

Buletinsehat.com – Makanan-makanan ini penyebab alergi atau bukan? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh mereka yang memiliki alergi terhadap makanan atau suatu zat yang terkandung dalam makann tersebut. Makanan yang sering kali dituduh sebagai penyebab alergi antara lain kerang, udang, ikan laut, dan sebagainya. Padahal, ada makanan lain yang juga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Dalam artikel ini, penulis akan berbagi informasi tentang makanan-makanan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi alergi. Seperti apa informasinya? Mari simak informasinya berikut.

Mengenali Ini Penyebab Alergi atau Bukan?

Sebelum membahas makanan yang bisa menyebabkan alergi, ada baiknya kita bahas dulu seilas tentang alergi. dengan demikian, Anda bisa menjawab apakah memang gejala yang Anda rasakan adalah alergi atau bukan?

Alergi merupakan sebuah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi sangat sensitive terhadap suatu zat yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Zat-zat yang umumnya membuat seseorang alergi antara lain bulu hewan, zat kimia, serbuk bunga, debu, logam, atau zat-zat dari makanan seperti protein. Zat-zat penyebab alergi ini sering disebut allergen.

Ketika seseorang melakukan kontak atau tubuhnya bereaksi dengan allergen, akan menimbulkan berbagai macam gejala seperti bersin-bensin, hidung terseumbat, kulit iritasi, gatal-gatal, sakit kepala, mata berair, timbulnya bercak-bercak merah di kulit, mata bengkak, bentol-bentol, dan sebagainya. Gejalanya ini umumnya tergantung dari alergi yang diderita. Mengapa bisa alergi? Alergi umumnya terjadi karena kulit atau bagian tubuh lain terpapar oleh allergen secara terus menerus.

Baca Juga : Jin Bernama Siti Qolbuniyah Meneror Pesantren Di Garut

Mengenali Makanan Pemicu Alergi dan Cara Mengatasinya

Makanan-makanan yang biasa dimakan merupakan penyebab alergi atau bukan? Ada banyak makanan yang bisa memicu alergi, antara lain susu sapi, udang, kerang, ikan. Dalam makanan-makanan ini terkandung zat yang dapat memicu reaksi alergi. misalnya saja mereka yang alergi terhadap protein akan mengalami alergi ketika makan makanan yang mengandung protein seperti ikan, belut, daging, dan sebagainya.

Untuk menghindari  terjadinya reaksi alergi, sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu alergi. sedangkan untuk mengatasi atau mengobati reaksi alergi ini, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengobati alergi. bahan-bahan alami ini antara lain air kelapa, jahe, air garam, jeruk strawberry, anggur, madu, jambu biji, dan dan tomat. Makanan-makanan ini mengandung zat yang dapat mengurangi reaksi terhadap alergi.

Demikianlah informasi tentang makanan-makanan penyebab alergi atau bukan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button