Seberapa Amankah Kopi untuk Wanita? - Buletinsehat.com
Lifestyle

Seberapa Amankah Kopi untuk Wanita?

Amankah kopi untuk wanita?. Semakin kesini wanita penikmat kopi rasanya semakin bertambah. Jika pada zaman dulu hanya pria yang selalu mengkonsumsi kopi, kini wanita pun tak ingin kalah. Namun kini, Banyak wanita yang juga menjadi penikmat kopi bahkan hingga “kecanduan”. Bagi mereka, tidak minum kopi satu hari rasanya seperti tidak minum kopi satu tahun. Tapi sebenarnya apakah memang minum kopi untuk wanita ini aman?

Seberapa Amankah Kopi untuk Wanita?

Dalam artikel ini, penulis akan mencoba membahas tentang amankah kopi untuk wanita? Lalu adakah efek samping dari kandungan kopi ini, terutama kafein untuk seorang wanita? Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak informasinya berikut.

Kandungan dalam Kopi

Sebelum menjawab pertanyaan amankah kopi untuk wanita? Kita bahas dulu kandungan yang ada dalam kopi. Anda tentu tahu bahwa kopi mengandung kafein. Kafein merupakan senyawa kimia yang juga dikenal sebagai trimetilsantin.

Baca Juga : Siti Kolbuniyah Jin Yang Meresahkan Pesantren Keresek Garut

Kandungan kafein ini dalam kopi sekitar 1 sampai 1,5 %. Kafein ini sebenarnya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, baik untuk pria maupun wanita. Manfaat dari kopi sendiri bagi tubuh antara lain, mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, serta dapat mengurani rasa sakit di kepala.

Efek Samping Kopi bagi Wanita

Meskipun kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping. Efek samping kopi untuk wanita ini antara lain:

  • Menimbulkan Depresi dan Menurunkan Mood pada Wanita

Hal ini disebabkan karena kafein akan menurunkan produksi dopamine dalam tubuh sehingga menimbulkan perasaan sedih, tertekan, bahkan depresi.

  • Gastritis

Kopi juga ternyata dapat menimbulkan penyakit gastritis, jika dikonsumsi secara berlebihan. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi di perut, yang bisa disebabkan oleh adanya asupan kafein baik dai kopi, teh, soft drink, atau makanan dan minuman lainnya, yang mengandung kafein dan bisa meningkatkan asam lambung.

  • Menjadi Tidak Subur

Jika Anda adalah seorang pecandu kopi, dan mengalami sulit mendapatkan keturunan, bisa jadi ini merupakan pengaruh dari kopi. Hal ini karena kafein bisa mempengaruhi alat reproduksi, dan menyebabkan bebagai penyakit di tuba falopi atau endometriosis.

Baca Juga : RATU JIN SITI KOLBUNIYAH DI PASANTREN KERESEK – GARUT (TAMAT)

  • Osteoporosis

Kafein dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium, sehingga dapat menyebabkan seseorang osteoporosis.

  • PMS

Kafein juga ternyata dapat menyebabkan PMS, dan bisa menyerang pada mereka yang akan datang bulan, karena mempengaruhi suasana hati dan dehidrasi.

Kesimpulan

Jadi, amankah kopi untuk wanita? Sebenarnya kopi relatif aman untuk wanita. Hanya saja jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Dengan adanya informasi seperti ini diharapkan para wanita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsi kopi. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button