Turun Berat Badan Dengan Diet Vegetarian, Stop Makan Daging! - Buletinsehat.com
DietLifestyleTips Sehat

Turun Berat Badan Dengan Diet Vegetarian, Stop Makan Daging!

Turun Berat Badan Dengan Diet Vegetarian Diet Vegetarian merupakan  salah satu jenis diet yang namanya kian populer di era modern. Sayuran dan buah-buahan memang merupakan sumber nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan. Karena alasan tersebut, diet vegetarian memiliki fansnya tersendiri. Diet vegetarian mengharuskan dieter yang melakukannya harus menghilangkan asupan daging dalam pola makan sehari-hari. Daging memiliki jumlah kalori yang sangat banyak dan biasanya memang menjadi penyebab utama kegemukan. Selain itu konsumsi daging dalam jumlah besar dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ganas seperti hipertensi dan stroke. Jika Anda ingin memiliki ukuran tubuh ideal maka Anda bisa melakukan program diet vegetarian.
Turun Berat Badan Dengan Diet Vegetarian

Jenis-Jenis Diet Vegetarian

 
Diet Vegan
 
Diet vegan adalah salah satu diet vegetarian paling ekstrem, lebih cenderung pada pandangan hidup daripada hanya sebuah pola makan. Diet vegan tidak memakan daging baik dalam bentuk mentah ataupun kalengan. Jadi seorang vegan tidak memakan daging merah, unggas ataupun ikan. Seorang vegan juga tidak memakan makanan turunan dari hewan seperti telur, kulit ataupun madu.
 
Diet Lacto Vegetarian
 
Diet ini tidak memakan daging merah, ikan, unggas ataupun telur. Namun dalam diet lacto vegetarian, dieter boleh memakan makanan-makanan yang terbuat dari susu seperti yogurt dan keju.
 
Diet Ovo Vegetarian
 
Ovo vegetarian merupakan salah satu tipe diet yang menganjurkan dieter untuk tidak  mengkonsumsi daging merah, unggas, susu dan ikan namun boleh mengkonsumsi telur.
 
Diet Lacto-ovo Vegetarian
 
Inilah tipe diet vegetarian yang paling sering dilakukan orang. Diet lacto-ovo vegetarian tidak mengkonsumsi ikan, unggas dan daging merah namun boleh mengkonsumsi susu dan telur.

Makanan Untuk Diet Vegetarian

Seorang vegetarian memiliki banyak pilihan asupan makanan dalam diet sehari-hari. Namun agar seimbang, seorang vegetarian harus memakan makanan tertentu. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan dalam diet vegetarian:
Karbohidrat
 
Karena karbohidrat menyediakan banyak energi untuk tubuh maka konsumsi makanan kaya karbohidrat sangatlah penting. Dalam diet vegetarian, beberapa sumber karbohidrat seperti gandum, beras ataupun kentang sangat dianjurkan.
Protein
 
Protein sangat dibutuhkan untuk tubuh terutama agar tubuh berfungsi dengan baik. Untuk diet vegetarian terdapat banyak pilihan makanan. Berbagai macam makanan dengan bahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe sangat dianjurkan. Asupan protein penting lainnya adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan susu.
Vitamin
 
Untuk diet vegetarian, wajib hukumnya memasukan buah atau sayuran yang kaya vitamin dalam asupan makanan. Buah-buahan seperti apel, jeruk, melon dan lain-lain dianjurkan untuk diet vegetarian.

Diet Vegetarian Seimbang

 
Agar diet vegetarian ini bisa sukses menurunkan berat badan dengan cepat maka diperlukan sebuah metode yang tepat. Berikut diet vegetarian seimbang yang bisa Anda praktekan dalam keseharian Anda.
 
  • Sarapan
Pancake dengan topping sirup atau sereal dengan susu skim yang dikombinasikan dengan semangkuk buah-buahan.
  • Makan Siang
Untuk makan siang, dieter bisa mengkonsumsi sop sayuran, salad dengan sedikit bumbu, cap cay, ataupun nasi goreng. Anda juga bisa mengkonsumsi roti ataupun sandwich yang diisi dengan daging artificial yang terbuat dari tempe.
  • Makan Malam
Untuk makan malam, dieter bisa mengkonsumsi salad, nasi dengan tumis sayur ataupun sop sayuran. Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak buah pada malam hari.
  • Makanan Ringan
Untuk makanan ringan, dieter bisa memakan sandwich sayur, kacang-kacangan ataupun yogurt rendah lemak.
Cukup mudah untuk menjalankan diet vegetarian. Pola makan yang diterapkan pada dasarnya sama, hanya meninggalkan asupan daging. Berbeda dengan jenis diet lain dengan pengaturan pola makan super ketat, seperti misalnya no rice diet, menurunkan berat badan tanpa nasi. Atau diet atkins dengan menghilangkan karbohidrat dari daftar menu makan. Diet vegetarian ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai solusi mengatasi berat badan anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button